GENerasi Suara, Membangun Indonesia Lewat Musik

Di tengah maraknya lagu-lagu hits Barat yang masuk ke industri musik di Indonesia, tidak membuat musik Indonesia ditinggalkan oleh para pecinta musik. Berdasarkan data yang dirilis oleh Nielsen melalui Study Nielsen Radio Measurements di Jakarta, sepanjang tahun 2016 pendengar radio di Jakarta masih didominasi oleh pendengar yang ingin mendengarkan musik Indonesia melalui radio dengan rata-rata jumlah pendengar sebesar 25,7% dari rata-rata total pendengar radio di Jakarta. Radio memang menjadi media yang memegang peranan penting dalam memperkenalkan, mengekspos, dan memopulerkan karya-karya musik Indonesia kepada publik tanah air.

Sejak pertama kali mengudara pada tanggal 9 Agustus 2007 hingga sekarang, GEN 98,7 fm terus memegang komitmennya untuk selalu mendukung kemajuan industri musik Indonesia dengan memutar lagu-lagu lokal serta menghadirkan profil para musisi dalam negeri. Upaya lainnya yang dilakukan Gen fm untuk semakin menggalang kesadaran masyarakat akan kehebatan musik Indonesia adalah melalui kampanye, seperti ‘Jangan Botakin Musik Indonesia’ yang sukses digelar pada tahun 2015.

Memasuki tahun 2017, GEN 98,7 fm melakukan rebranding dengan mengusung logo dan tagline barunya, yaitu “Generasi Suara Musik Indonesia”. Hal ini tidak lain adalah untuk semakin menegaskan spirit dan positioning GEN 98,7 fm sebagai pendukung sejati musik Indonesia. GEN 98,7 fm akan semakin banyak dan intens memainkan lagu-lagu Indonesia untuk warga Jabodetabek dan Surabaya di tiap jamnya. Tidak hanya memutar musik karya musisi tanah air, GEN 98,7 fm juga akan menitikberatkan konten siarannya pada muatan lokal, mulai dari film, fashion, kuliner, sampai prestasi anak negeri. Dengan kata lain, Gen fm akan semakin meng-Indonesia.

Seiring dengan semangat baru sebagai “Generasi Suara Musik Indonesia”, GEN 98,7 fm dengan bangga meluncurkan sebuah lagu berjudul “Generasi Suara” sebagai bentuk program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menyuarakan dukungan terhadap musik Indonesia. “Musik adalah bahasa universal yang mudah diterima oleh semua kalangan dan bisa dijadikan sebuah medium untuk menyampaikan pesan positif serta memicu pergerakan. Melalui lagu “Generasi Suara”, GEN 98.7 fm ingin menyentakkan kembali kesadaran masyarakat bahwa Indonesia punya karya-karya musik dan musisi-musisi dengan kualitas yang hebat dan membanggakan,” ungkap Adrian Syarkawie, Presiden Direktur Mahaka Radio Integra (MARI) yang sekaligus merangkap sebagai Presiden Direktur GEN 98.7 fm.

Dalam proses penggarapan lagu “Generasi Suara”, GEN 98,7 fm mendapat dukungan penuh dari para musisi tanah air. Tiga komposer muda berprestasi yang telah menghasilkan lagu-lagu hits bagi para musisi Indonesia, yaitu Nino RAN, Ilman, dan Lale dari Maliq & D’Essentials menciptakan dan mengaransemen lagu, serta membuat lirik untuk “Generasi Suara” berdasarkan pengalaman bermusik dan kecintaan mereka akan musik Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, kali ini ada 21 musisi kenamaan Indonesia yang ikut menyumbangkan suara dan musikalitas mereka untuk lagu ini, yaitu Raisa, Isyana Sarasvati, GAC, Afgan, Armand Maulana, Anji, Rian d’Masiv, Maudy Ayunda, Yura Yunita, Rizky Febian, Cakra Khan, Rayi & Nino RAN, Radhini, Sheryl Sheinafia, Barasuara, JAZ, Mikha Tambayong, dan Young Lex.

Harapan yang ingin dicapai dengan adanya lagu “Generasi Suara” ini adalah agar para pecinta musik di Indonesia tidak ragu untuk menyuarakan kecintaannya pada karya-karya musik tanah air, dan juga mendorong semangat musisi-musisi lokal untuk terus berkarya. Tidak hanya itu saja, kehadiran lagu “Generasi Suara” juga memiliki relevansi dengan momen Pilkada yang akan diadakan secara serentak di berbagai daerah di Indonesia pada bulan Februari ini. Lagu ini diharapkan dapat mengajak para pendengar untuk ikut memberikan suara demi kemajuan daerah tempat tinggalnya dan juga menyuarakan semangat perdamaian dan persatuan .

“Generasi Suara” akan diputar secara eksklusif di GEN 98,7 fm Jakarta dan GEN 101,3 fm Surabaya, yang nantinya juga akan diputar di radio-radio nasional.